Membuat Ilustrasi Sederhana dengan Coreldraw X5




Semalam tiba-tiba pengin aja gitu buka-buka corel. Saya termasuk jarang menggunakan aplikasi corel karena nggak mahir-mahir amat bikin gambar. Dulu pernah belajar otodidak. Tapi sudah lama banget. Dulu saya pakai laptop dengan spek lumanyan sehingga enteng buat main grafis. Kalau sekarang speknya lumanyun, sih, jadi saya agak males mainan grafis karena tentu saja bakal lelet. Itulah kenapa saya malas nerusin belajar corel.

Nggak nyangka sebenarnya laptop saya yang sekarang itu dimasukin corel yang portable sama ayahnya anak-anak. Entah, itu sih kata atasan saya itu. Intinya corel portable itu semacam software yang gak perlu diinstall. Kalau mau pakai tinggal buka kayak buka file aja. Jadinya ringan. Cocok buat laptop dengan spek rendah kayak punya saya yang sekarang. Aslinya saya nggak tahu menahu masalah instalasi. Aneh ya? Iya. Saya hanya tahu cara pakainya (itupun cuma dikit-dikit). Jadi kalau ternyata di laptop ini bisa corelan, jujur saya kurang ngeh dan kurang antusias. Itu tadi: soalnya udah lama gak berhubungan lagi sama gambar menggambar, ditambah dengan mengira bakal lelet. Adanya corel yang saya pakai ini semata karena pernah dipakai atasan buat bikin-bikin banner.  Buat yang pengin tahu, nih, judul softwarenya;
PORTABLE CORELDRAW X5.

Dan benar saja, pas saya pakai di laptop low spec ini memang cukup enteng, nggak lelet. Jadi agak nyesel kenapa nggak rajin-rajin belajar bikin ilustrasi kemarin-kemarin.

Cerita dikit, ya, sebenarnya kan saya lagi seneng-senengnya bikin cerita anak. Bahkan ada rencana bikin buku cerita anak (cieee... gapapa,  udah koar-koar duluan, siapa tahu banyak yang mengaamiinkan dan malah bisa nembus penerbit. Kan, lumayan, ya? Aamiin). Nah, sejak menimba ilmu menerbitkan buku anak di KULWAPP #5 kemarin itu saya memang mulai menggarap naskah buku anak. Selama cari referensi mata ini seger banget rasanya. Tahu kenapa? Karena beberapa referensinya buku-buku cergam dengan ilustrasi ciamik. Lalu kok kepengin bisa bikin ilustrasi juga? Apa hubungannya? Ya gemes aja gitu. Pengin sekali sekali bikin ilustrasi sendiri. Kalau istilahnya Mas Eka Kurniawan; ‘seperti dendam, rindu gemes pun harus dibayar tuntas’ (heu heu heu). Pokoknya gemes pengin bikin gambar digital gitu. Gemes banget. Cuz deh, cuz buka corel. Mumpung nak-anak dah tidur.



Setelah buka corel, saya cari file-file lama berbentuk .cdr. Setelah diubek ubek ketemulah salah satu file corel yang acak adut gambarnya. Huuuw, gemes lagi. Gemes banget karena merasa belajar kok tanggung (dulu itu). Akhirnya saya lanjutkan utak atik ilustrasi sederhana itu. Intip intip dan ingat ingat tutorialnya juga sih, karena sudah sedikit lupa. 

Dannn……taraaa…..
 

Hasilnya lumayan lah buat dilihat-lihat sendiri. Gak papa, ya, nggak gitu keren, yang penting seneng bisa melawan keterbatasan pengalaman utak atik gambar digital.

Tapi jujur, bikin ilustrasi ini murni cuma buat seneng seneng aja. Buat selingan gitu, bukan buat ilustrasi buku yang lagi saya garap. Soalnya ilustrasi macam ini berpotensi bikin editor geleng-geleng kepala. Duh... Pokoknya buat selingan aja, deh, biar nggak terus terusan kerjakan naskah doang. Biar nggak puyeng. Biar bisa merefresh otak. Hahahhh

Okelah, segitu dulu curhatnya. Lanjut lain kesempatan. Oh, ya, tentang buku apa yang pengin saya terbitin nanti, sabar dulu, ya, infonya. Doain dulu aja deh moga lolos. Trims...

Magelang, 21 Februari 2019

Komentar

  1. Wah keren Mbak,. Kalau di sini suami saya gak urus2an masalah laptop dia malah suka panik duluan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena dipakai barengan juga makanya diurus bareng bareng juga. Hahahaha

      Hapus
  2. Portable corel draw 5 sepertinya ada aplikasinya di laptop saya.
    Aoa ini yang namanya pictbook ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pictbook belum pernah bikin mbk. Biasanya buat segmen anak PAUD.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

DONGENG: Kesetiaan Kura-Kura

Membuat Ilustrasi Sederhana dengan Coreldraw X5 (Part 2)

DONGENG: Bermain Futsal